Saturday 28 November 2009

UN

PLUS MINUS UJIAN NASIONAL DARI KACAMATA SISWA



Menurut saya ujian nasional itu tidak rasional. Masa selama kita belajar di sekolah dalam waktu 3 tahun harus bibayar dengan kertas LJK, 40 soal/pelajaran, 4 hari, apa coba deeh.

Kalo mau jujur-jujuran sih aduuh males bgt deh ngejalaninnya. Tapi kalo gak ikut UN gak bisa lulus dan gak bisa masuk SMA Negri mau pun swasta. Lagi pula kalo pake ada UN itu gak bisa ngukur kemampuan kita juga. Siapa tau pas kita UN kita lagi gak fit, tegang, dan entar malahan jadi stress deh. Lagian di zaman sekarang mana ada sih yang murni, yang paling malesnya adalah kita yang murid biasa udah belajar mati-matian buat UN tapi malahan ada yang ngebocorin soal. Itu adalah hal yang paling nyebelin bgt. Dan herannya sekarang UN dipercepat! Jadi akhir Maret gitu. Udah mana materi pelajarannya belum selesai dibahas dan materi kelas 7 & 8 nya malah udah kelupaan. Kabanyakan libur juga gak bagus bisa bikin jadi gak belajar-belajar. Kenapa nilai buat masuk SMA Negri harus pake nilai UN? Coba kalo tes biasa aja deh. Kayak PSB sekolah swasta kan kelihatannya jadi lebih adil?




Hmm, ada minus pasti ada plus juga kan??? Yahh sebenernya sih ada juga baiknya kalo UN kita jadi harus belajar lagi nge-review yang kemaren kamaren (lagi pula gak rugi lagi kita belajar). Kita juga bisa mengukur kemampuan kita secara nasional. UN juga bukan hal negatif yang bikin kita stres kok yang penting kita ngejalaninnya dengan penuh keyakinan dan sungguh-sungguh. Belajar dari sekarang menghadapi masalah yang kita hadapi. Mungkin itu yang dapat saya sampai kan dalam plus minus ujian nasional dari kacamata siswa semoga bermanfaat deh...

1 comments:

Wijaya kusumah said...

good posting! jangan lupa memasukkan link blog teman sekelas dan juga blog omjay

salam
omjay